Toyota Kijang Innova G M/T Diesel Review

Tidak hanya berbahan bakar gasoline, Toyota juga menghadirkan varian Innova G yang bermesin diesel. Tahun 2018 lalu, Toyota Kijang Innova G M/T Diesel mengalami penyegaran terutama sistem bahan bakarnya yaitu EURO4 sehingga gas buangnya bersih dan emisinya kecil. Tak hanya itu, mobil juga mengalami perubahan di beberapa sisi baik spesifikasi, interior dan juga eksteriornya.

toyota innova

Spesifikasi Toyota Kijang Innova G M/T Diesel Review

Mesin yang digunakan pada mobil ini ialah diesel dengan tipe 2GD FTV bersilinder 4 dan berkatup 16 DOHC, juga dilengkapi VNT Intercooler. Mesin sudah menggunakan EURO4 yang menghasilkan emisi lebih bersih. Tenaga mobil mencapai 147 HP dengan torsi 342 NM. Transmisi manual terdiri dari 5 kecepatan. Mobil menggunakan rem ABS dan memiliki airbag untuk penumpang depan.

Interior dan Exterior Toyota Kijang Innova G M/T Diesel

  1. Eksterior

Lampu utama mobil terdiri dari 3 bagian yakni lampu utama, lampu jauh dan lampu kota. Semua lampu tersebut menggunakan jenis halogen dan dibingkai dalam desain persegi panjang. Begitu juga bagian lampu fog dan lampu seinnya, keduanya masih menggunakan halogen. Meski begitu, semua lampu mampu memberikan penerangan yang maksimal saat di perjalanan.

Di antara kedua lampu utama, terdapat grille mobil yang terdiri dari dua buah lempeng horisontal beraksen krom. Tengah-tengah grille silver tersebut ada sebuah emblem Toyota. Di bawahnya, adalah grille dengan warna hitam namun tidak glossy dan tidak juga memiliki aksen krom seperti Innova V atau Q.

Di bagian samping, Innova G ini memiliki spion elektrik yang bisa dihandle melalui satu tombol di pintu pengemudi. Warnanya sama dengan bodi mobil dengan aksen hitam. Ban yang digunakan adalah Bridgestone 205/65 R16 dengan warna silver. Selain lekukan di pintu, ada juga molding di bagian bwah dengan aksen krom. Kali ini Toyota menghadirkan Innova G dengan tampilan lebih mewah.

Dari bagian blakang, mobil nampak memiliki shark antena di dekat posisi spoiler. Spoiler juga sudah memiliki lampu stop lamp kecil berwarna merah. Lampu stop lampnya ada di bodi mobil dan juga pintu bagasi dengan jenis halogen. Tidak ada hiasan garnish krom sebagai dekorasi kecuali emblem Kijang atau Innova di kedua sisi. Sensor parrkir terdapat di bagian bawah dan hanya dua titik.

  1. Interior

Warna yang mendominasi interior Toyota Kijang Innova adalah hitam. Berbeda dengan seri lainnya yang diberi aksen kayu di beberapa bagian, seperti dashboardnya. Mobil ini memiliki beberapa area penyimpanan terbuka dan tertutup khas Toyota baik di dashboard maupun pintu. Di pintu sisi pengemudi, ada beberapa pengaturan seperti spion elektrik, pengunci pintu dan juga jendela.

Dashboard mobil masih terbuat dari plastik keras. Stir terdiri dari 3 palang yang dibaut dengan karet. Di baliknya adalah MID dengan indikator yang digital. Pengaturan MID berada pada stir bagian kanan. Sementara di stir bagian kiri, ada tombol untuk mengatur sistem audio mobil yang sudah lengkap di bagian dashboard. Sistem audio diantaranya panel layar sentuh, player, USB dan bluetooth.

Mobil memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang penumpang. Seat baris kedua memiliki ruang kaki yang cukup luas. Baris ketiga idealnya digunakan untuk anak-anak karena ruang kaki yang lebih sempit. Kursi dibalut dengan fabric lembut dan mudah dibersihkan jika terdapat noda. Pengemudi juga bisa mengatur kursinya seperti naik atau turun maupun sliding.

Bagian belakang, bagasinya cukup luas untuk sebuah MPV. Selain dilengkapi dengan kargo net, bagasi juga memiliki lampu di sisi kanan dan toolbox di sisi kiri. Untuk ruang yang lebih lega, pengguna bisa menarik tuas seat ketiga sehingga kursi bisa terlipat ke bagian samping atas.

Harga Toyota Kijang Innova G M/T Diesel

Varian G yang menggunakan mesin diesel bertransmisi manual ini dibanderol dengan harga Rp 338.35 juta. Harga ini lebih murah sekitar 20 jutaan daripada transmisi manual. Meskipun termasuk ke dalam MPV medium dengan kelengkapan yang agak minim dibanding varian lain, mobil ini masih laris di pasaran lantaran nama besar Toyota yang menjamin kualitasnya.

Sebelum membeli, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal. Toyota Kijang Innova G M/T Diesel ini tentunya menggunakan bahan bakar solar. Meski sudah menggunakan EURO4, suara mesin masih bising ketimbang varian bensin. Innova G juga menjadi MPV dengan level terendahnya Toyota dibandingkan varian Q, V dan Venturer. Untuk sewa Toyota Innova, anda akan dapat dengan mudah mendapatkannya diberbagai sewa mobil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *